Beranda
Destinasi Wisata
Pulau
Sulawesi Tenggara
Pulau Tomia - Primadona Wisata di Taman Nasional Wakatobi

Wakatobi, kepulauan dengan eksotika bawah laut yang mendunia, mencakup 43 pulau yang tersebar di perairannya. Nama Wakatobi sendiri terbentuk sebagai akronim dari nama empat pulau terbesar yakni Pulau Wangi-Wangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia, dan Pulau Binongko.

Semua pulau di Wakatobi layak dikunjungi jika kamu berencana liburan ke sana. Salah satunya adalah Pulau Tomia yang menakjubkan, luar dan dalam. Artikel ini mengajakmu berpetualang maya, memperkaya informasi tentang pulau ini sebelum benar-benar berangkat ke sana.

Daya Tarik Wisata di Pulau Tomia

Sebagai bagian dari Kepulauan Tukangbesi yang kini dikenal dengan nama Wakatobi, Pulau Tomia menempati urutan ketiga dan menjadi yang terkecil diantara gugusan 4 pulau besarnya. Terletak diantara Pulau Kaledupa di sisi barat laut dan Pulau Binongko di tenggara.

Keempat pulau utama Wakatobi memiliki pesona yang unik, tidak terkecuali Pulau Tomia. Pulau ini sudah lama dikenal hingga ke mancanegara. Banyak didatangi wisatawan, bahkan jauh sebelum Wakatobi menjadi daerah otonom di Sultra dengan berpisah dari Kabupaten Buton.

Jajaran Pantai dan Pulau Menawan

Pulau Tomia merupakan pulau yang menawan dengan dominasi bebatuan serta pesisir yang bervariasi. Tak hanya pantai pasir, ada juga pantai karang dan pantai bakau. Selain itu, daya tariknya mencakup pulau-pulau kecil yang indah yang tersebar di sekitar perairannya.

Pantai Huntete di ujung timur Tomia, indah dengan hamparan pasir putih, air laut yang jernih, dan menjadi spot terbaik menikmati sunrise. Lalu, Pantai Hongaha yang dijuluki hidden paradise. Ada juga wisata Pantai Hundue serta Pantai Lakota yang tentu tidak kalah keindahannya.

Pulau kecil yang indah di dekat Pulau Tomia adalah Pulau Sawa dan Pulau Tolandona yang menjadi lokasi Wakatobi Dive Resort. Lalu, Pulau Lentea sebagai ekosistem burung laut. Serta, Pulau Ndaa dengan garis pantai yang indah dan Pulau Anano, rumah penyu yang langka.

Keindahan Taman Laut di Wakatobi

Pulau Tomia merupakan salah satu tujuan wisata paling terkenal di Taman Nasional Kepulauan Wakatobi. Keindahan bawah lautnya menjadi primadona turis mancanegara. Memiliki 30 lokasi snorkeling dan diving yang sudah ditetapkan UNESCO sebagai pusat cagar biosfer dunia.

Taman Nasional Wakatobi sendiri merupakan salah satu tempat penyelaman terbaik dan terpopuler di dunia. Terletak di pusat segitiga koral dunia dengan 25 gugusan karang sejauh 600 km. Surga bagi berbagai jenis ikan, moluska, dan spesies tanaman laut terbesar di dunia.

Dari sekian banyak spot snorkeling dan diving di Pulau Tomia, Marimabuk menjadi yang paling ikonik, mirip pinnacle (bukit di bawah laut). Lalu, ada spot Roma yang terkenal dengan giant foliuose (karang mirip kuping gajah), ikan black snapper, barakuda, serta penyu hijau.

Selain itu, ada Fan 38 East dan Fan 38 West yang khas karena didominasi dinding karang dan surga seafans atau karang kipas berwarna-warni. Juga, spot Ali Reef dengan formasi tornado ratusan ikan jack trevally, penyu hijau, pygmy seahorse (kuda laut mini), dan karang meja.

Tempat Wisata Lain di Pulau Tomia

Tidak hanya pulau, pantai dan keindahan bawah laut, Tomia juga memiliki sejumlah objek wisata lain yang tak kalah menarik. Salah satunya adalah Bukit Warru yang menempati titik ketinggian Tomia. Ini adalah spot yang paling ideal untuk menikmati pemandangan di pulau ini.

Berikutnya, ada Permandian Goa Alam Tee Wali yang eksotis di sisi timur laut. Dengan bentuk semi-vertical, goa ini menampung air tawar sedalam 4 meter. Tempat wisata lainnya termasuk Padang Savana Kima Purba serta objek warisan sejarah yang bernama Benteng Patua.

{next}

Cara ke Pulau Tomia di Wakatobi

Sejauh ini, rute atau cara mencapai Pulau Tomia bisa dimulai dengan menuju ke Kendari, ibu kota dan pusat pemerintahan Sulawesi Tenggara. Selanjutnya, bisa memilih melalui jalur udara atau laut untuk mencapai Pulau Wangi-Wangi atau ada juga yang langsung menuju ke Pulau Tomia.

Melalui Jalur Udara

Jalur udara merupakan opsi populer di kalangan wisatawan yang ingin ke Taman Nasional Wakatobi. Dari Kendari, kamu bisa lanjut ke Bandara Haluoleo di Konawe Selatan dan lakukan penerbangan ke Bandara Maranggo, Kecamatan Tomia, Wakatobi. Durasinya sekitar 2 jam.

Atau, bila perjalanan tidak dikhususkan untuk Pulau Tomia, bisa menuju ke Pulau Wangi-Wangi sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Wakatobi. Dari Bandara Haluoleo ke Bandara Matahato, Kec. Wangi-Wangi. Baru, kemudian menjelajah Taman Nasional Wakatobi, termasuk Tomia.

Melalui Jalur Laut

Untuk jalur laut, wisatawan dari Kota Kendari menuju Pelabuhan Kapal Malam dan Pelabuhan Bungkutoko untuk mencapai Wakatobi. Bisa juga dari Kota Baubau melalui Pelabuhan Murhum atau Pelabuhan Jembatan Batu, menaiki kapal kayu dengan rute 4 pulau terbesar di Wakatobi.

Opsi lain adalah berangkat dari Kabupaten Buton. Naik kapal cepat di Pelabuhan Banabungi dengan durasi penyeberangan 2-3 jam saja. Selebihnya, naik kapal kayu di Pelabuhan Lasalimu. Atau, menuju Pelabuhan Kamaru dan naik kapal ferry dengan rute Kaledupa-Tomia-Binongko.

Biaya dan Tiket Wisata Wakatobi

KeteranganHarga
Tiket Masuk Wisnus (Hari Biasa)Rp 5.000
Tiket Masuk Wisnus (Hari Libur)Rp 7.500
Tiket Masuk Wisman (Hari Biasa)Rp 150.000
Tiket Masuk Wisman (Hari Libur)Rp 225.000
SnorkelingRp 15.000
Scuba DivingRp 25.000
MemancingRp 25.000
Kapal Motor 40-100 pk (per unit/hari)Rp 100.000
Biaya Kapal Pesiar (per unit/hari)Rp 2.000.000
Note: Biaya atau harga tiket wisata di Taman Nasional Wakatobi yang disebutkan dalam daftar di atas tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk update tarif terbaru, Kamu bisa lihat di situs resminya DI SINI.

Aktivitas Menarik di Pulau Tomia

Aktivitas Snorkeling dan Diving

Snorkeling, scuba diving, dan diving merupakan tujuan utama wisatawan ke Kepulauan Wakatobi. Dan, Tomia termasuk destinasi paling terkenal dengan puluhan spot penyelaman. Jadi, apabila kamu berkunjung ke pulau ini wajib menikmati dan mengagumi keindahan bawah laut.

Jelajahi Pantai Cantik di Tomia

Selain yang disebutkan sebelumnya, masih banyak pantai menawan di Tomia. Tentu, butuh durasi liburan cukup panjang untuk bisa menjelajahi semuanya. Intinya, jangan lupa menyaksikan keindahan pantai di pulau ini. Temukan spot foto terbaik sambil menikmati suasana pesisirnya.

Island Hopping (Jelajahi Pulau)

Di Wakatobi, Tomia juga merupakan nama dari dua kecamatan yang cakupan areanya lebih luas dari pulau utamanya. Wilayahnya meliputi sejumlah pulau kecil yang memiliki daya tarik tersendiri. Island hopping, menjelajahi pulau-pulau bisa menjadi kegiatan menarik dan wajib dilakukan.

Kegiatan Wisata yang Lainnya

Khususnya bagi traveler yang memiliki durasi liburan berlebih, maksimalkan pengalaman wisata di Pulau Tomia dengan mengunjungi tempat wisata lain, selain pantai dan island hopping. Atau, datang ketika even tahunan di Tomia diadakan, seperti Festival Safara'a dan Bose-bose.