Beranda
Bandung
Daftar Menarik
Jawa Barat
Kuliner
Kuliner Tradisional Bandung - 11 Makanan dan Minuman Khas

Butuh referensi kuliner khas Bandung? sebagai ibu kota provinsi Jawa Barat, tentunya kuliner tradisional di Bandung sangat beragam. Mudah menemukan berbagai jenis makanan, camilan, serta minuman khas Sunda di sana. Bahkan, tidak sedikit yang sudah terkenal di Indonesia.

Selain beragam, makanan khas Bandung juga memiliki cita rasa yang unik dan pastinya menggugah selera. Bila Kamu ada rencana liburan ke Kota Bandung dan ingin berburu kuliner tradisional di sana, berikut daftar 11 makanan dan minuman yang wajib Kamu cari dan cicipi.

Batagor, Kuliner Populer di Bandung

Batagor adalah jajanan tradisional Bandung yang populer di Indonesia. Sesuai namanya, Batagor (bakso tahu goreng) dibuat dari tahu diisi adonan bakso ikan. Digoreng garing dan disajikan dengan bumbu kacang yang kental dan sambal. Camilan ini pertama kali muncul tahun 1980-an.

Colenak, Jajanan Tradisional Sunda

Colenak adalah makanan tradisional berupa peuyeum atau tape bakar dan disajikan dengan saus gula merah. Teksturnya lembut dengan rasa yang manis, Colenak termasuk jajanan populer yang mudah ditemukan di berbagai tempat di Bandung. Colenak telah ada sejak zaman Belanda.

Cuanki, Kuliner Bakso Khas Bandung

Cuanki adalah hasil dari perkembangan kuliner bakso di daerah Bandung hingga jadi makanan khas dengan tambahan bahan lain dan bumbu tersendiri. Biasanya berisi bakso, tahu dan siomay lalu disiram kuah kaldu dengan sambal dan kecap. Cocok disajikan hangat saat cuaca dingin.

Soto Bandung, Berkuah Bening Segar

Soto Bandung adalah varian soto Indonesia yang berkuah bening segar berbahan daging sapi dan tulang. Kuliner tradisional Bandung ini tersaji dengan irisan lobak, daun bawang, dan sambal. Soto Bandung menawarkan cita rasa yang khas, berbeda dengan kuliner soto lain di Indonesia.

Mie Kocok, Sajian Mie Khas Bandung

Mie Kocok merupakan kuliner mie tradisional Bandung yang diadaptasi dari tradisi kuliner Tiongkok. Terbuat dari mie telur, daging sapi, dan kikil disajikan dengan kuah bening segar. Rasanya gurih dan sedikit pedas menggugah selera. Di Bandung, Kamu wajib mencarinya.

Siomay Bandung, Kuliner Khas & Ikonik

Siomay Bandung adalah kuliner tradisional berbahan adonan ikan/udang yang dikukus. Seperti dim sum Tiongkok, karena memang diadaptasi dari kuliner tersebut. Teksturnya lembut dan rasanya gurih, Siomai Bandung biasa tersaji bersama dengan saus kacang dan sambal.

Seblak, Makanan Tradisional Bandung

Seblak juga termasuk jajanan terkenal, tidak hanya di Bandung, tapi juga di Indonesia. Makanan ini terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan bumbu pedas, khas dengan kuah merah kaya rasa. Seblak bisa ditambah dengan berbagai bahan lainnya seperti telur dan sayuran.

Bajigur, Minuman Hangat Khas Sunda

Bajigur adalah minuman tradisional khas Sunda yang terbuat dari campuran santan, gula aren, dan kopi atau jahe. Disajikan hangat, Bajigur rasanya manis menyegarkan. Sangat cocok untuk menghangatkan tubuh dan merupakan salah satu minuman favorit masyarakat Bandung.

Bandrek, Minuman Khas di Jawa Barat

Selain Bajigur, ada juga Bandrek, minuman tradisional khas Jawa Barat yang berbahan jahe, gula merah, dan rempah-rempah lain. Memiliki rasa yang kuat dan hangat, minuman ini juga cocok untuk menghangatkan tubuh. Bandrek sering kali ditemukan dalam acara-acara tradisional.

Lomie Bandung, Mie Berkuah Kental

Lomie termasuk mie khas Bandung berkuah kental yang juga terinspirasi dari kuliner mie tradisional Tionghoa. Terbuat dari kaldu yang kaya rasa lalu diisi dengan daging ayam atau udang. Lomie adalah sajian mengenyangkan yang disajikan dengan bawang goreng serta sambal.

Combro, Gorengan Tradisional Sunda

Combro (oncom di jero), adalah gorengan khas suku Sunda dari tepung ketan yang diisi oncom. Setelah digoreng hingga berwarna kecokelatan, Combro menawarkan rasa gurih namun sedikit pedas. Mudah mendapat camilan ini, baik di berbagai pasar maupun kedai di Bandung.

Demikian daftar sejumlah kuliner tradisional khas Bandung yang bisa menjadi pertimbangan jika Kamu ingin berburu kuliner Bandung. Tentu! daftar di atas tidak mencakup semua makanan, minuman, maupun camilan tradisional khas Bandung. Baca juga Kuliner Tradisional Betawi.