Beranda
Destinasi Wisata
Sulawesi Tenggara
Wakatobi Sulawesi Tenggara: Info Daya Tarik dan Biaya Wisata

Wakatobi merupakan kabupaten yang berada di Sulawesi Tenggara (Sultra). Terletak di sisi tenggara, kabupaten berbentuk kepulauan ini termasuk salah satu tujuan wisata terbaik di Indonesia. Wajib masuk dalam daftar perjalanan siapapun, khususnya pecinta wisata bahari.

Dengan keanekaragaman hayati dan eksotika bawah laut yang menakjubkan, serta budaya lokal yang kaya, Wakatobi menawarkan pengalaman wisata tak terlupakan. BIla ingin berlibur ke sana, artikel ini bisa menjadi menu pembuka, yang semoga bermanfaat sebelum Anda berangkat.

Daya Tarik Wisata Wakatobi

Wakatobi merupakan singkatan dari empat pulau di kawasan ini, yakni Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Berbatasan dengan Laut Banda dan Laut Flores, melalui keajaiban lautnya, kawasan ini terkenal sebagai salah satu destinasi penyelaman terbaik di dunia.

Taman Nasional Wakatobi mencakup kawasan perairan laut yang sangat luas. Total 1,39 juta ha dengan kedalaman bervariasi dan yang terdalam mencapai 1.044 meter. Area ini mengoleksi 112 jenis karang dari 13 famili. Ada juga 93 jenis ikan hias dan beberapa jenis penyu.

Taman nasional ini berada diantara segitiga koral. Rumah bagi berbagai jenis koral, ikan, moluska, dan spesies tanaman laut terbesar di dunia. Karena itu, di sinilah pusat keindahan bawah laut Wakatobi, yang menjadi salah satu spot penyelaman terbaik dan populer di dunia.

Terutama bagi traveler penyuka snorkeling dan diving, Wakatobi merupakan surga. Spot snorkeling dan diving tersebar merata di perairan sekitar pulau-pulau yang berada di kawasan ini. Selain 4 pulau terbesar, masih ada puluhan pulau lain, baik pulau kecil maupun besar.

Pulau Wangi-Wangi

Sebagai lokasi ibukota Kabupaten Wakatobi, pulau yang dikenal juga dengan nama Pulau Wanci ini adalah pulau pertama yang umumnya dikunjungi oleh traveler. Di sini terdapat sejumlah lokasi diving, seperti Cemara Dive, Sombu Dive, Nua Shark Point, dan Wandoka Pinnacle.

Pulau Kaledupa

Pulau Kaledupa terkenal dengan desa-desa tradisional serta keindahan yang masih alami. Di sini Anda dapat menjelajahi kehidupan lokal hingga mencicipi hidangan laut segar. Hoga Channel, Coral Garden, dan Outer Pinnacle adalah beberapa spot diving terkenal di pulau ini.

Pulau Tomia

Pulau Tomia termasuk pulau yang menawarkan pengalaman menyelam yang luar biasa. Beberapa situs penyelaman di sini diantaranya adalah Marimabuk, Roma, Fan 38 East, dan Fan 38 West. Selain itu, pulau ini juga memiliki pantai-pantai yang menawan serta menenangkan.

Pulau Binongko

Pulau Binongko adalah lokasi yang ideal untuk pecinta hiking dan petualang. Selain bersejarah, Bukit Kapal di pulau ini menawarkan lanskap spektakuler dan kesempatan untuk menjelajahi hutan. Untuk penyelaman, di sini ada spot Tanjung Haka, We'e, Ollo, dan Bante Cape.

{next}

Tips Perjalanan ke Wakatobi

Karena aktivitas utama wisatawan di Kepulauan Tukangbesi atau Wakatobi adalah snorkeling dan diving, waktu terbaik berkunjung adalah saat musim kemarau. Dengan cuaca yang cerah dan kondisi laut yang tenang, musim ini biasanya terjadi pada kisaran bulan April - Oktober.

Untuk akomodasi, di kepulauan ini terdapat banyak pilihan penginapan, mulai dari penginapan sederhana hingga resort yang mewah. Tentunya, Anda perlu memilih tempat menginap sesuai dengan anggaran dan kebutuhan. Sejumlah resor juga menawarkan paket penyelaman.

Bila tujuan utama Anda ke Wakatobi memang untuk diving dan snorkeling, perlu kiranya mempersiapkan peralatan. Setidaknya membawa masker, snorkel dan fins. Beberapa resort di sana memang menyediakannya, tapi lebih baik jika membawa sendiri untuk kenyamanan.

Bagaimana cara ke Wakatobi? Naik pesawat adalah cara tercepat dan paling umum. Anda bisa memulainya dengan terbang ke Makassar atau ke Kendari. Berikutnya, terbang ke Bandara Matahora (WKT) di Wakatobi. Atau, bisa naik kapal laut dengan durasi yang lebih lama.

Perkiraan Biaya ke Wakatobi

Biaya liburan ke Wakatobi bisa sangat bervariasi dan tergantung pada banyak faktor seperti waktu perjalanan, jenis akomodasi, serta kegiatan yang dipilih. Berikut rincian estimasi biaya yang dapat membantumu untuk merencanakan liburan ke Kepulauan Wakatobi:

Tarif Penerbangan dan Kapal

Tarif penerbangan sekali jalan dari Jakarta ke Makassar kurang lebih Rp 1.500.000 - Rp 2.500.000. Tarif tersebut hampir sama untuk pesawat dari Makassar ke Wakatobi. Apabila memilih naik kapal laut dari Makassar, biayanya sekitar Rp 500.000 - Rp 1.500.000.

Bisa juga berangkat dari Kota Kendari dengan menuju ke Bandar Udara Haluoleo di Kabupaten Konawe Selatan. Kemudian, lanjutkan penerbangan ke Bandara Matahora, Kecamatan Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi. Tarif penerbangan kurang lebih sama dengan Makassar.

Biaya akomodasi dan makan

Tarif penginapan berupa homestay mulai dari Rp 300.000 - Rp 600.000. Tarif hotel atau resor bintang 3, 4, dan 5 mulai dari Rp 500.000 - Rp 3.000.000 per malam. Sementara itu, biaya makan kurang lebih berkisar antara Rp 50.000 - Rp 300.000 per porsinya.

Harga Tiket Wisata Wakatobi

KeteranganHarga
Tiket Masuk Wisnus (Hari Biasa)Rp 5.000
Tiket Masuk Wisnus (Hari Libur)Rp 7.500
Tiket Masuk Wisman (Hari Biasa)Rp 150.000
Tiket Masuk Wisman (Hari Libur)Rp 225.000
SnorkelingRp 15.000
Scuba DivingRp 25.000
MemancingRp 25.000
Kapal Motor 40-100 pk (per unit/hari)Rp 100.000
Biaya Kapal Pesiar (per unit/hari)Rp 2.000.000
Note: Biaya atau harga tiket wisata di Wakatobi yang tersebut di atas tidak selalu akurat, karena bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk tarif terbaru, Anda bisa cek di situs resminya DI SINI.

Dengan berbagai atraksi, mulai dari penyelaman yang mengagumkan hingga lanskap alam yang masih alami, Wakatobi adalah destinasi wisata yang wajib ada di dalam bucket list siapa saja. Wakatobi juga termasuk Spot Snorkeling dan Diving Terbaik di Indonesia.