Beranda
Destinasi Wisata
NTT
Pantai
Sumba
Pantai Tarimbang Sumba - Daya Tarik Wisata, Fasilitas & Rute

Bagi traveler pecinta wisata alam, Kabupaten Sumba Timur di Nusa Tenggara Timur, memiliki banyak spot indah yang menarik untuk dijelajahi. Terlebih jika kamu suka pantai, wajib banget traveling ke sana. Selain Pantai Walakiri yang eksotik, ada juga Pantai Tarimbang yang cantik.

Pantai Tarimbang terletak di sebelah selatan Sumba Timur. Tepatnya berada di Desa Tarimbang, Kecamatan Tabundung, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Peta. Sebelum berkunjung ke sana, baca ulasan berikut ini untuk memperkaya informasi tentang pantai ini.

Daya Tarik Pantai Tarimbang

Pantai Tarimbang di Sumba Timur menawarkan pemandangan yang sedap di pandang mata. Pasirnya yang putih dan lembut terhampar luas memanjang, lengkap dengan gradasi biru laut yang khas. Benteng tebing yang hijau, juga turut melengkapi lanskap alam yang menawan.

Keindahan pantai semi-circular ini memang tidak diragukan. Tapi, daya tarik pantai ini juga mencakup ombak yang indah dan menjadi surga tersembunyi para peselancar. Dalam hal ini, Pantai Tarimbang dikenal dengan 9 gulungan ombak yang silih berganti, sangat menakjubkan.

Aktivitas Wisata yang Menarik

Pantai ini merupakan tempat yang ideal bagi siapa saja yang menginginkan ketenangan. Healing, sejenak menjauh dari hiruk-pikuk dan rutinitas harian. Di sini, wisatawan bisa bermain air ataupun berenang. Bersantai di pasirnya yang putih atau bisa juga menjelajah pantainya.

Khususnya jika kamu adalah traveler yang suka surfing, ombak di pantai ini termasuk yang disukai para surfer dunia. Jadi, tunjukkan keahlianmu di sini. Suka fotografi? mudah menemukan spot-spot yang indah dan instagramable untuk mendapatkan hasil foto yang istimewa.

{next}

Rute Pantai Tarimbang Sumba

Pantai ini berjarak kira-kira 80 kilometer dari Kota Waingapu. Butuh lebih dari 2 jam perjalanan berkendara dari ibu kota Kabupaten Sumba Timur tersebut. Belum ada transportasi umum menuju Desa Tarimbang. Jadi, perlu menyewa kendaraan, mobil maupun motor di Kota Waingapu.

Harga sewa mobil di sana berkisar Rp 500.000 - Rp 600.000, dan untuk biaya sewa motor Rp 100.000 - Rp 150.000 per hari. Rute perjalaan menuju Pantai Tarimbang bisa dimulai dengan melalui jalur lintas Sumba hingga batas Kota Waingapu yang ditandai dengan patung kuda.

Selanjutnya, ikuti jalur trans Sumba yang berkelok-kelok tapi beraspal bagus. Melewati kawasan Bukit Wairinding dan belok kiri di Simpang Praipaha. Akses cukup rusak hingga di Simpang Tarimbang. Lurus saja dan masih sekitar satu jam lagi untuk sampai di jalan menuju pantai ini.

Harga Tiket & Fasilitas Wisata

Tiket masuk ke Pantai Tarimbang Sumba Timur sejauh ini masih gratis, tidak dipungut biaya. Sementara itu, fasilitas di sini masih sangat terbatas, mungkin hanya tempat sampah. Namun untuk akomodasi, tak jauh dari lokasi pantainya, terdapat beberapa pilihan tempat menginap.

Di sana, ada Tarimbang Jaya Hotel dan homestay bernama Marthen Homestay. Desa Tarimbang sendiri sudah ditetapkan sebagai Desa Wisata Bahari oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Timur. Karena itu, tidak menutup kemungkinan fasilitas di pantai ini akan segera diperbarui.