Beranda
Daftar Menarik
Jawa Tengah
Kuliner
Solo
Kuliner Tradisional Solo, 10 Makanan Khas yang Wajib Dicicipi

Surakarta atau Solo merupakan sebuah kota bersejarah di Jawa Tengah. Kota pewaris Kerajaan Mataram Islam, selain Yogyakarta. Selain terkenal dengan kekayaan warisan budaya, Kota Solo juga dikenal berkat kuliner tradisional yang kaya dan melegenda.

Makanan-makanan tradisional khas Solo ini memadukan cita rasa yang lezat dengan cerita sejarah dan budaya yang mendalam. Bila ada rencana liburan ke sana, berikut adalah daftar kuliner tradisional yang patut Anda cari dan cicipi ketika berada di Solo:

Pancake Tradisional, Serabi Solo

Serabi Solo adalah jenis pancake yang terbuat dari tepung beras dan santan. Berbeda dengan serabi lainnya, serabi Solo disajikan dengan kuah kinca yang manis. Termasuk camilan paling diminati, karena teksturnya lembut di bagian tengah dan renyah di pinggir.

Timlo, Masakan Tradisional Solo

Timlo adalah sup khas Solo yang berkuah bening dengan rasa yang ringan. Biasanya, timlo berisi daging ayam, hati ayam, sosis Solo, dan telur puyuh. Dikenal dengan cita rasa yang segar dan gurih, timlo sering menjadi hidangan pembuka atau pendamping makan utama.

Masakan Tradisional, Nasi Liwet

Kuliner tradisional khas Solo Surakarta berikutnya adalah Nasi liwet. Sebuah hidangan nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah dengan rasa gurih yang khas. Biasanya, nasi liwet disajikan dengan lauk-pauk seperti ayam opor, telur pindang, dan sayur labu.

Makanan ini biasa dinikmati dalam acara-acara spesial atau menjadi sajian keluarga. Secara umum, ini adalah cara memasak nasi tradisional Jawa dengan santan dan yang terkenal adalah Nasi Liwet Solo. Ada juga varian nasi liwet khas Sunda dengan rasa yang berbeda.

Makanan Khas, Bubur Ayam Solo

Bubur ayam Solo merupakan salah satu varian bubur ayam yang terkenal di Indonesia. Kuliner ini biasanya disajikan dengan suwiran daging ayam, cakue (kue goreng), dan taburan bawang goreng. Kuahnya kental dan gurih menjadikannya hidangan yang memanjakan lidah.

Sate Buntel Khas Solo Surakarta

Sate buntel adalah kuliner tradisional Solo selanjutnya. Berbeda dengan sate umumnya, sate ini memakai daging kambing yang digiling halus, dibungkus dengan lemak kambing, lalu dibakar hingga matang. Cocok dinikmati dengan lontong atau nasi dan sambal kecap.

Makanan Khas, Ayam Penyet Solo

Ayam penyet Solo memiliki ciri khas tersendiri dibanding dengan versi dari daerah lain. Daging ayam digoreng, digeprek, dan disajikan dengan sambal ulek yang pedas serta lalap mentimun dan tomat. Sajian ini biasanya disertai dengan nasi putih dan sambal terasi.

Kuliner Tradisional, Gudeg Solo

Gudeg Solo adalah varian gudeg. Berbeda dengan gudeg Yogyakarta, gudeg Solo menggunakan bahan-bahan seperti nangka muda yang dimasak dalam santan dengan bumbu khas. Hidangan ini sering disajikan bersama nasi, ayam goreng, tempe, serta sambal krecek.

Klepon, Kudapan Populer di Solo

Klepon adalah kue tradisional yang berbahan tepung ketan yang diisi dengan gula merah cair dan dibentuk bulat kecil. Setelah dikukus, kue dilapisi dengan kelapa parut. Saat digigit, gula merah dalam kue ini akan meleleh, sehingga memberi sensasi manis yang nikmat.

Dalam sejarah, belum diketahui pasti asal-usul kue tradisional ini berasal dari mana. Meski diduga berasal dari Jawa, kudapan ini tersebar secara luas tidak hanya di Indonesia. Ada juga di Malaysia, Brunei, dan Singapura. Versi lainnya menyebutkan berasal dari Suku Bugis.

Tahu Tempe Bacem di Mataraman

Tahu tempe bacem dimasak dengan bumbu manis dan rempah-rempah, lalu digoreng hingga kering. Proses pemasakannya yang lama membuat bumbu meresap dengan baik. Proses ini menghasilkan rasa manis, gurih, dan sedikit pedas yang menggugah selera.

Bacem atau baceman merupakan cara memasak penganan yang khas, berasal dari daerah Mataraman. Tidak hanya Surakarta, melainkan juga di Yogyakarta, Magelang, Banyumas, dan Semarang. Dalam Kuliner Khas Jogja yang terkenal adalah Jadah Tempe.

Camilan Tradisional, Kerupuk Solo

Kerupuk Solo adalah kerupuk dari adonan tepung tapioka yang dibumbui dan digoreng hingga renyah. Kerupuk ini sering menjadi pelengkap makanan atau camilan saat bersantai. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih membuatnya menjadi favorit banyak orang.

Berburu dan menikmati kuliner tradisional Solo adalah cara yang ideal untuk merasakan keaslian budaya dan sejarah kota ini. Setiap hidangan tentu akan membawa cita rasa yang unik dan cerita khas. Mencicipinya bisa memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Apabila Anda memiliki rencana liburan ke Solo, pastikan saja untuk mencicipi berbagai hidangan lezat yang disebutkan dalam daftar di atas. Jangan lupa juga untuk merasakan kehangatan serta keramahtamahan kota yang terkenal dengan julukan “Kota Bengawan” ini.