Beranda
Destinasi Wisata
Gunung
NTT
Sumba
Bukit Wairinding Sumba: Daya Tarik Wisata, Aktivitas dan Rute

Bukit Wairinding adalah tujuan wisata alam di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Bukit ini viral berkat keindahan alam yang menawan dan pernah menjadi lokasi syuting film Pendekar Tongkat Emas karya dari Mira Lesmana. Mau ke sana? baca dulu informasi di bawah ini.

Bukit Warinding terletak di Desa Pambotanjara, Kec. Pandawai, Kab. Sumba Timur. Khas dengan hamparan padang savana yang luas dan panorama yang spektakuler. Keindahannya terletak pada kombinasi formasi geologis yang unik, vegetasi alami, suasana yang tenang dan damai.

Daya Tarik Bukit Wairinding Sumba

Salah satu daya tarik utama Bukit Wairinding adalah lanskap savananya yang luas dan hijau. Saat musim hujan tiba, padang savana di kawasan perbukitan ini akan diselimuti oleh luasnya vegetasi hijau yang subur. Pemandangannya terlihat mengagumkan di sejauh mata memandang.

Sebaliknya, selama musim kemarau, padang perbukitan ini akan berubah jadi warna coklat kekuningan seolah berada di gurun mini. Perubahan warna ini menciptakan suasana yang berbeda sepanjang tahun, menjadikannya sebagai spot foto yang sangat Instagramable.

Bila ingin menyaksikan keindahan padang savana hijau dengan suasana yang sejuk, wisatawan bisa datang setelah musim penghujan pada bulan Februari - April. Adapun jika ingin melihat lanskap alam yang eksotis, bisa datang pada musim kemarau di bulan Juli - September.

Dari puncak Bukit Warinding, pengunjung dapat menikmati pemandangan 360 derajat yang spektakuler. Hamparan bukit berlapis-lapis serta lembah yang dalam. Dan, menjadi semakin dramatis dengan permainan cahaya dan bayangan di saat matahari terbit dan terbenam.

{next}

Aktivitas Menarik untuk Dilakukan

Bukit Wairinding atau Wairinding Hill adalah tempat yang ideal untuk pecinta trekking menjelajah alam. Rutenya juga relatif mudah dan selama perjalanan, wisatawan akan menyaksikan pemandangan yang menakjubkan. Juga, dapat menikmati udara segar pegunungan.

Pemandangan dari Bukit Warinding menawarkan banyak kesempatan untuk fotografi. Jadi, manfaatkanlah kamera atau smartphone untuk menangkap keindahan alam. Lanskap bukit yang bervariasi dan cahaya yang dramatis bisa memberikan hasil foto yang memuaskan.

Salah satu ide terbaik dan paling populer dilakukan traveler adalah berpose bersama kuda dan pakaian adat. Warga setempat pun mendukung aktivitas ini dengan meyewakan kuda dan pakaian adat Sumba. Harga sewa untuk masing-masing adalah 50 ribu rupiah per orangnya.

Waktu terbaik berkunjung ke Bukit Wairinding Sumba adalah saat mendekati matahari terbit. Pengunjung bisa trekking sejenak ke puncak bukit agar bisa menyaksikan indahnya panorama sunrise di sini. Pemandangan yang tak kalah cantik juga bisa dinikmati saat sunset tiba.

Rute atau Cara ke Bukit Wairinding

Desa Pambotanjara di Kecamatan Pandawai, lokasi Bukit Warinding berada, berjarak kurang lebih 25 kilometer dari Kota Waingapu, ibukota Kabupaten Sumba Timur, NTT. Traveler bisa naik bus umum, menggunakan jasa travel, atau menyewa kendaraan agar bisa lebih fleksibel.

Butuh durasi tempuh kurang lebih satu jam untuk mencapai lokasi. Kondisi jalannya sudah beraspal dengan kondisi yang cukup bagus. Meski demikian, perjalanan ini akan melewati jalan berkelok-kelok. Bagaimana? tertarik mengunjungi bukit ini? segeralah buat rencana!

[alert]Harga Tiket Masuk: Rp. 5.000
Sewa Kuda/Baju Adat: Rp 50.000
Biaya Fasilitas Toilet: Rp 5.000
Lokasi: Desa Pambotanjara, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, NTT. Peta[/alert]