Beranda
Daftar Menarik
Jawa Tengah
Magelang
Wisata Magelang - Daftar 10+ Tempat Wisata Menarik di Magelang

Magelang merupakan salah satu destinasi liburan yang menarik di Jawa Tengah. Tak hanya Candi Borobudur sebagai daya tarik wisata andalan, wisata Magelang dengan slogan The Park of Java ini juga mencakup puluhan candi lain yang turut mengukuhkan eksotika sejarah dan budaya masyarakat Jawa di masa lalu.

Selain itu, pesona wisata di Kabupaten Magelang juga diuntungkan oleh letak geografisnya yang berada di cekungan sejumlah rangkaian pegunungan. Alhasil, banyak objek wisata alam di Magelang yang menarik untuk dikunjungi. Serta, kaya akan kuliner, mulai dari masakan hingga jajanan tradisional yang khas.

Terlepas dari popularitas Borobudur sebagai destinasi utamanya, di sini tersaji beberapa tempat wisata terbaik di Magelang, mulai dari wisata sejarah, budaya, hingga wisata alam. Tentu belum mencakup semuanya, setidaknya tersaji lebih dari 10 objek wisata di Magelang yang menarik dan wajib Anda kunjungi.

Wisata Punthuk di Borobudur Magelang

Sebagai mahakarya indah yang dikagumi oleh dunia, Candi Borobudur memiliki semua syarat untuk memanjakan sisi estetis semua orang. Selain arsikteturnya, lokasi candi yang berada di kawasan perbukitan memungkinkan banyak sudut untuk menikmati keindahannya, terutama saat matahari terbit (sunrise).

Di sekitar kuil Buddha terbesar di dunia ini ada beberapa punthuk (bukit) yang sejauh ini menjadi lokasi favorit untuk melihat pemandangan sunrise Borobudur dan alam sekitar. Punthuk Setumbu (Borobudur Nirvana Sunrise) sebagai bagian dari Pegunungan Menoreh merupakan yang paling populer dikunjungi.

Di dekat punthuk tersebut juga ada Gereja Ayam yang juga menjadi spot sunrise terbaik di Borobudur. Lalu ada lagi Punthuk Purwosari (Purwosari Hill), Punthuk Kendil, Punthuk Mongkrong, dan Punthuk Sukmojoyo. Tempat-tempat ini cocok bagi para traveler kekinian penggemar spot foto yang instagramable.

Wisata Alam Gunung Andong Magelang

Gunung bertipe perisai ini telah lama menjadi tujuan favorit pecinta wisata alam di Magelang. Puncaknya yang berketinggian 1726 mdpl merupakan spot terbaik dengan panorama epik. Gradasi perubahan warna alam, di saat sunrise maupun sunset, bisa dinikmati dengan pendakian mudah sekitar 1,5-2 jam saja.

Gunung Andong merupakan wisata alam terkenal di Magelang yang ideal untuk pendaki pemula. Tersedia enam opsi basecamp dan yang populer adalah Taruna Jaya Giri. Setiap minggunya, tidak kurang dari 500 traveler mendaki ke gunung ini melalui basecamp di Dusun Sawit, Kecamatan Ngablak tersebut.

Di gunung yang punya 4 puncak ini, keindahan tersaji di sejauh pandangan mata, 360 derajat. Hanya dengan memutar badan, Anda dengan mudah menyaksikan panorama berlatarbelakang Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, Prau, Ungaran, Telomoyo, tidak terkecuali puncak Gunung Andong yang lain.

Wisata Candi Mendut dan Candi Pawon

Terutama jika Anda adalah seorang traveler yang menyukai sejarah dan budaya, mendatangi Candi Mendut dan Candi Pawon adalah ide yang sempurna. Dalam banyak hal, kedua candi ini memiliki keterikatan dengan Borobudur. Ketiganya berada di sumbu garis yang sama sehingga mengisyaratkan perlambang.

Eratnya keterikatan antara Mendut-Pawon-Borobudur juga masih bisa dilihat hingga sekarang. Dalam pelaksanaan ritual Waisak, umat Buddha umumnya mengawali prosesi dari candi yang terletak paling timur. Berawal dari Candi Mendut, melalui Candi Pawon untuk selanjutnya klimaks di Candi Borobudur.

Intinya, banyak hal yang menarik di antara ketiga candi ini. Jadi, berkunjung ke Candi Borobudur, Anda perlu melebar ke Candi Mendut dan Candi Pawon. Jarak antar candi pun tidak terlalu jauh. Candi Pawon berjarak sekitar 1,7 kilometer di sisi timur Borobudur dan Candi Mendut berjarak 1,1 kilometer di bagian barat.

{next}

Rafting di Sungai Elo dan Sungai Progo

Tidak jauh dari Kawasan Wisata Candi Borobudur juga ada aliran sungai panjang yang berhulu di Gunung Merbabu. Namanya, Sungai Elo dan Sungai Progo yang berada di sekitar kawasan Candi Pawon dan Candi Mendut. Di dua sungai itulah keseruan liburan dimulai, melalui atraksi arum jeram yang menegangkan.

Untuk melengkapi pengalaman wisata, Anda perlu melakukannya. Terlebih jika wisata kali ini Anda bersama rombongan, nikmatilah keseruan bersama. Untuk grade II dengan tingkat kesulitan medium, bisa mencoba di Sungai Elo. Cocok untuk para pemula dengan jalur sepanjang 11 kilometer berdurasi 2,5 jam.

Sungai Elo merupakan anak Sungai Progo. Sungai induknya ini ideal bagi yang ingin sensasi arung jeram yang lebih menantang. Untuk grade III bisa mencoba di Progo Atas, untuk Grade III+ bisa di Progo Hulu. Atau, Anda seorang expert? coba rafting di Sungai Progo Bawah dengan tingkat kesulitan di Grade IV-V.

Spot Wisata Top Selfie Pinusan Kragilan

Berbekal keindahan alam di lereng Gunung Merbabu, wisata Hutan Pinus Pakis atau yang populer disebut Top Selfie Pinusan Kragilan merupakan surga wisata para "selfer" yang kaya akan spot foto instagenik. Selain menjadi jujugan para milenial, tempat wisata ini cocok sebagai tempat bersantai di sore hari.

Top Selfie Pinusan Kragilan memiliki banyak spot swafoto yang dirancang unik, seperti rumah pohon, ayunan, hingga gardu pandang dengan latar panorama alam pegunungan yang menawan. Tempat wisata kekinian ini memiliki fasilitas yang memadai, mulai dari mushola, warung, toilet, hingga area camping.

Tempat Wisata Ketep Pass di Magelang

Karena kondisi geografisnya, wisata alam kegunungapian sangat mendominasi tempat wisata di Magelang. Salah satunya yang wajib dikunjungi adalah Ketep Pass yang berada di wilayah Bukit Sawangan. Setelah puas di Top Selfie Pinusan Kragilan, wisatawan bisa melanjutkan ke sini sejauh 10 menit berkendara.

Tempat wisata yang diresmikan pada tahun 2002 ini berada di kawasan yang begitu strategis, yakni di pertengahan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Dengan area seluas 8000 meter persegi pada ketinggian 1200 mdpl, Ketep Pass menawarkan pemandangan yang memanjakan mata sekaligus wisata edukasi.

Ada Museum Vulkanologi dan bioskop mini yang menyajikan sejarah Gunung Merapi. Ada juga teropong di Puncak Panca Arga dan Gardu Pandang. Puncak Arga sendiri berarti lima gunung, disinilah puncak tertinggi untuk menikmati kemolekan Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Gunung Slamet.

Ketep Pass adalah tempat wisata dengan fasilitas memadai. Mudah menemukan restoran atau tempat makan, sejumlah gazebo untuk bersantai, toilet dan masih banyak lagi lainnya. Menariknya, lokasi tempat wisata Ketep Pass sangat mudah dijangkau oleh jenis kendaraan apapun, termasuk minibus maupun bus besar.

Wisata Sendang Maren & Sendang Mudal

Ingin berbasah-basahan atau mencoba sensasi berselfie ria di bawah air? Sekitar 17 menit berkendara dari Ketep Pass, Anda bisa mengunjungi Sendang Maren di Dusun Butuh Kulon dan Sendang Mudal di Dusun Semaren. Kedua sendang yang belum resmi menjadi tempat wisata di Magelang ini berada di Desa Sawangan.

Sendang Maren dan Sendang Mudal merupakan pemandian umum berair jernih yang ideal bagi mereka pecinta trip underwater. Sendang Maren adalah sumber mata air di tepian sungai sekitar rumah penduduk. Air di Sendang Maren begitu bening dan dingin dengan dasar kolamnya didominasi oleh pasir dan kerikil.

Sementara itu, pemandian Sendang Mudal berlokasi di satu kawasan dengan ladang persawahan milik warga. Air di Sendang Mudal pun masih digunakan untuk kebutuhan air masyarakat setempat. Kedua wisata sumber air tersebut masih belum banyak diketahui. Jadi, pilih salah satu atau datangi keduanya.

{next}

Objek Wisata Candi Selogriyo Magelang

Candi Selogriyo adalah salah satu dari puluhan candi yang tersebar di Magelang. Peninggalan purbakala ini diperkirakan dibangun pada abad ke-9 M pada zaman Kerajaan Mataram Kuno. Untuk pertama kalinya, candi ini ditemukan oleh salah satu Resi Besar pada masa penjajahan Belanda sekitar tahun 1835.

Candi Selogriyo merupakan candi kecil yang terletak di Dusun Campurejo, Desa Kembangkuning, Kecamatan windusari, Kabupaten Magelang. Selain sejarah, satu hal yang menarik dari Candi Selogriyo adalah lokasinya yang berada di kaki Bukit Sukorini dan Bukit Giyanti, tepatnya di lereng timur Gunung Sumbing.

Dengan lanskap perbukitan yang hijau menakjubkan dan terletak dekat dengan sumber mata air, semakin membuat candi Hindu ini layak dikunjungi dan Anda cari tahu kesejarahannya. Meski lokasinya agak jauh, sekitar 24 kilometer dari Candi Borobudur, sempatkanlah datang jika durasi liburan Anda panjang.

Wisata Bukit Grenden dan Goa Slandak

Bukit Grenden merupakan salah satu tempat wisata terbaru di Magelang yang terkenal seiring dengan banyaknya foto instagramable yang tersebar di media sosial. Sebelumnya, Grenden adalah dusun yang menjadi jalur alternatif pendakian Merbabu di Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang.

Sejak diresmikan sebagai tempat wisata Magelang tahun 2016, Bukit Grenden yang didominasi oleh hutan pinus ini ramai dikunjungi. Daya tarik utama Bukit Grenden tentu pemandangan alam pegunungan yang sejuk menenangkan. Kaya spot instagenik, serta menjadi spot terbaik menikmati sunrise dan sunset.

Bukit ini memang semakin menarik dengan banyaknya spot berswafoto, lokasi terbaiknya terletak di tebing batu. Seiring perkembangannya, pengelola juga menyediakan banyak spot foto buatan yang dirancang sedemikian rupa hingga menarik buat berselfie ria, salah satunya adalah rumah kurcaci yang unik.

Di dekat Bukit Grenden, sekira 10 menit berkendara, wisatawan bisa mendapati Air Terjun Goa Slandak. Di areanya juga ada beberapa spot foto berupa hewan raksasa buatan, seperti landak dan kingkong. Selain cocok bagi traveler milenial, Bukit Grenden dan Goa Slandak juga ideal sebagai tempat piknik keluarga.

Objek Wisata Rumah Kamera Magelang

Sekitar 10 menit dari Candi Borobudur, ada sebuah rumah yang menyerupai kamera DSLR. Rumah Camera Magelang namanya, salah satu tempat wisata kekinian di Magelang. Banyak spot foto di rumah berlantai tiga ini, mulai dari lukisan 3D, kafe, hingga Gembok Cinta seperti di Paris atau Korea Selatan.

Rumah unik ini adalah galeri seni pelukis Tanggol Angien Jatikusumo. Di sini wisatawan bisa menikmati beragam karya seni di tiap lantainya yang unik. Saat tiba di puncak, di ujung lensa kamera, Anda bisa menikmati keindahan berlatar Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Andong, serta Pegunungan Menoreh.

Demikian daftar rekomendasi tempat wisata di Magelang Jawa Tengah. Tentu, masih banyak objek wisata lain yang semuanya menarik dikunjungi. Salah satu tempat wisata hits yang juga wajib dikunjungi adalah Tumpeng Menoreh. Daftar ini hanya merupakan gambaran awal bila Anda ingin liburan di Magelang.