Beranda
Air Terjun
Destinasi Wisata
Jawa Tengah
Pemalang
Curug Bengkawah Pemalang - Daya Tarik, Fasilitas, Harga Tiket, Rute

Walaupun berlokasi di jalur pantai utara (Pantura), Kabupaten Pemalang masih menyimpan nuansa alam pegunungan di bagian selatannya. Terutama bagi para traveler penyuka wisata air terjun, banyak air terjun di Pemalang yang menarik dikunjungi. Curug Bengkawah merupakan salah satu air terjun terkenal di sana.

Untuk Anda yang memang menyukai objek wisata alam, berkunjung ke Curug Bengkawah bisa menjadi ide bagus saat berlibur ke Pemalang. Lokasinya berada di Karangmulyo, Sikasur, Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Terkait rute, daya tarik wisata, harga tiket masuk, serta fasilitasnya, baca ulasan di bawah ini.

Daya Tarik Curug Bengkawah Pemalang

Curug Bengkawah merupakan salah satu potensi andalan Desa Wisata Sikasur, selain beberapa telaga yang indah dan menenangkan. Meskipun tidak terlalu tinggi, hanya sekira 20 meter, air terjun ini sangat cantik dengan aliran air yang jernih. Serta, tidak pernah kering lantaran berasal dari mata air pegunungan.

Pemandangannya begitu menawan dengan suasana yang alami dan cenderung teduh karena kawasannya rimbun oleh pepohonan besar. Sering kali disebut Air Terjun Kembar lantaran struktur tebing memungkinkan air yang terjun terbagi dua hingga tiga aliran air, sebelum jatuh menggenangi kolam alami di dasarnya.

Aliran utama air terjun atau Curug Bengkawah Pemalang ini berasal dari Sungai Kluweh. Debit airnya sangat besar di musim penghujan dan saat musim kemarau tiba, airnya tetap mengalir hanya berkurang debitnya. Curug ini indah sepanjang waktu berkat panorama yang eksotis dengan nuansa hutan yang mendominasi.

Sementara itu bagian bawah air terjunnya terdapat cekungan air yang dalam, mencapai tiga meter. Oleh karena itu, wisatawan disarankan tidak terlalu dekat dengan air terjunnya. Pihak pengelola kawasan wisata ini sudah memberikan pembatas berupa tali sebagai batas aman. Jadi, usahakan tidak melampauinya.

Menariknya, seiring dengan popularitasnya sebagai tempat wisata, wisatawan bisa melakukan banyak aktivitas menarik di Curug Bengkawah Sikasur. Bermain air dan berenang di aliran sungai ataupun sekedar bersantai menikmati suasana. Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa mencoba wahana rafting hingga camping.

Bagi traveler penggemar fotografi maupun selfie, mudah menemukan spot foto yang instagramable. Yang ikonik tentunya berfoto dengan latarbelakang curug. Melebar menjelajahi tempat wisata ini juga merupakan ide yang bagus. Tak jauh dari lokasi air terjun pun terdapat sumber mata air yang sangat jernih dan segar.

Waktu terbaik mengunjungi Curug Bengkawah Sikasur adalah pagi hari. Selain pemandangannya lebih bagus, udaranya juga lebih segar, serta belum banyak dipadati wisatawan. Apabila memiliki durasi liburan panjang, mejelejahlah ke tempat wisata lain di Desa Wisata Sikasur. Telaga Silanting satu di antaranya.

{next}

Rute Lokasi Curug Bengkawah di Sikasur

Secara administratif kawasan objek wisata Curug Bengkawah beralamat di Jalan Sikasur - Simpur, Karangmulyo, Sikasur, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Jaraknya kurang lebih 33 kilometer atau sekitar 1 jam perjalanan berkendara dari pusat Kota Pemalang ke arah selatan. Manfaatkan Peta Lokasi.

Rute dari Pemalang ke Curug Bengkawah tergolong mudah, baik mobil maupun sepeda motor bisa mencapai hingga ke lahan parkir kendaraan di lokasi wisata. Dari Pemalang Anda bisa gunakan rute melalui Jalan Pemalang-Bantarbolang ke Jalan Bantar Bolang lanjut ke Jalan Pemalang-Purbalingga hingga tiba di lokasi

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Meskipun belum benar-benar lengkap dan memadai, fasilitas wisata di Curug Bengkawah Pemalang cukup beragam. Akses jalan bisa dilalui mobil dan sepeda motor hingga tempat parkir. Jarak area parkir ke air terjun cukup dekat, sekitar 10 menit trekking. Di areanya sudah ada mushola dan tempat bilas atau toilet.

Fasilitas yang lainnya mencakup warung makanan dan minuman. Serta, fasilitas penunjang kegiatan wisatawan berupa wahana rafting. Biaya per orang sekitar IDR 250.000 termasuk fitur camping, makan, minum, serta hiburan. Harga tiket masuk Curug Bengkawah sebesar IDR 5.000. Parkir mulai IDR 3.000-IDR 5.000.