Beranda
Bangka Belitung
Belitung
Daftar Menarik
9 Tempat Wisata di Belitung, Terindah dan Menarik Dikunjungi

Bagi traveler penyuka wisata bahari, Pulau Belitung di Kepulauan Bangka Belitung merupakan destinasi yang wajib dikunjungi. Tempat wisata di Belitung mencakup sejumlah pantai dan pulau indah dan khas. Popularitas film Laskar Pelangi sedikit banyak turut mempopulerkan sejumlah tempat menarik di sana.

Belitung atau Belitong merupakan pulau lepas pantai timur Sumatera, Indonesia. Bersama Pulau Bangka, Pulau Belitung merupakan pulau utama di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Lokasinya yang berada di antara Selat Gaspar dan Selat Karimata, menjadikan pulau ini sangat kaya akan potensi alam.

Selain terkenal dengan sahang (lada putih) dan timah putih, alam Belitung juga menawarkan pesona alam yang menawan. Tempat wisata di Belitung sangatlah banyak dan umumnya menonjolkan eksotika bahari. Bila ada rencana liburan ke Belitung, berikut adalah daftar objek wisata di Belitung yang wajib dikunjungi.

Tempat Wisata Gantung Belitung Timur

Gantung merupakan kecamatan di Kabupaten Belitung Timur yang akan membawa wisatawan ke dalam nuansa salah satu film Indonesia terlaris sepanjang masa, Laskar Pelangi. Di daerah Gantung, terdapat replika SD Muhammadiyah yang ada di film yang diangkat dari novel karya Andrea Hirata tersebut.

Ada juga Museum Kata Andrea Hirata yang memungkinkan pengunjung untuk menapaktilasi perjalanan novel Laskar Pelangi. Lalu, ada Kampung Ahok. Seiring dengan kepopuleran Ahok sebagai tokoh nasional yang fenomenal, kini, rumah atau kampungnya turut menjadi tempat wisata terkenal di Pulau Belitung.

Tak hanya itu, masih banyak objek wisata lain yang menarik dikunjungi di daerah Gantung Belitung Timur. Wisatawan juga bisa berkunjung ke Vihara Dewi Khwan Im, melebar ke Bendungan Pice yang bersejarah, hingga bersantai di Pantai Gusong Cine. Dan, jangan lupa juga mengunjungi Geopark Gunong Lumut.

Lokasi: Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung.

Tempat Wisata Pulau Lengkuas Belitung

Semua orang tahu bahwa primadona tempat wisata di Pulau Belitung adalah Pulau Lengkuas. Ini berarti liburan Anda ke Belitung tidak akan sempurna tanpa berkunjung ke pulau yang identik dengan mercusuar tuanya ini. Lengkuas adalah pulau mungil yang cantik, berpasir putih, berhias bebatuan granit yang unik.

Panorama baharinya disempurnakan oleh bentangan jernihnya laut yang semakin jauh semakin membiru. Tidak hanya itu, perairan di sekitar Pulau Lengkuas Belitung juga terkenal dengan keindahan bawah laut yang mempesona. Banyak spot-spot bagus di sekitarnya yang ideal untuk aktivitas snorkeling dan diving.

Lokasi: Tj. Binga, Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Wisata Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Semenanjung alam senantiasa mengagumkan, tidak terkecuali di Tanjung Tinggi. Seperti umumnya pantai di Belitung, Pantai Tanjung Tinggi juga kaya batu granit. "tinggi" pada nama pantai ini mewakili besar dan tingginya bebatuan granit di kawasannya, bahkan ada yang ukurannya lebih besar dari bangunan rumah.

Ornamen bebatuan yang tersebar acak itu benar-benar mendominasi menambah kesan eksotik pantai ini. Tahukah Anda? di sinilah salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi. Tanjung Tinggi juga memiliki spot underwater yang kaya ikan, lamun, dan terumbu karang. Juga, sunset yang menawan.

Lokasi: Keciput, Kec. Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Objek Wisata Pantai Tanjung Kelayang

Wisata ke Negeri Laskar Pelangi, harus juga datang ke Pantai Tanjung Kelayang yang moleknya tiada tara. Pasalnya, film novel Andrea Hirata tersebut juga mengambil syuting di sini. Meskipun komposisi alamnya hampir sama dengan Pantai Tanjung Tinggi, Tanjung Kelayang unik melalui formasi bebatuan granitnya.

Puluhan batu granit membentuk desain alam yang baik, bahkan ada yang bentuknya mirip kepala burung garuda. Lantaran lokasinya yang berdekatan, Pantai Tanjung Kelayang, Pulau Burung, Pulau Pasir, Pantai Tanjung Tinggi, Pulau Lengkuas, dan Pulau Batu Berlayar biasanya menjadi satu paket kunjungan wisata.

Lokasi: Keciput, Kec. Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Kawasan Wisata Danau Kaolin Belitung

Tempat wisata di Belitung tidaklah selalu pantai-pantai indah. Sebagai jeda wisata bahari, lanjutkanlah ketakjuban Anda ke Danau Kaolin. Anda tahu Danau Kawah Putih di Ciwidey, Bandung? Danau Kaolin di Kabupaten Belitung menawarkan citarasa estetik yang kurang lebih sama dengan danau kawah tersebut.

Kombinasi warna alam yang ceria, putih dan biru muda benar-benar sempurna keindahannya. Meskipun begitu, danau ini bukanlah danau vulkanik seperti yang ada di Bandung. Seperti namanya, Danau Kaolin sebenarnya terbentuk dari bekas tempat pertambangan mineral Kaolin yang telah lama ditinggalkan.

Lokasi: Perawas, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Wisata Pantai Nyiur Melambai Belitung

[youtube id="xVvWlwTNLD0"/]

Istilah Nyiur Melambai yang cenderung sastrawi kiranya cukup mengabarkan keindahan pantai ini. Sejuk, nyaman dan menenangkan akan menjadi kesan awal kedatangan Anda, bahkan selanjutnya akan terus begitu. Pantai Nyiur Melambai adalah pantai pasir putih lembut berlatar kawasan Bukit Sama yang hijau.

Selembut pasirnya, seperti itulah udara yang terus menerus menyambut, sementara di sejauh pandangan mata laut senantiasa memanjakan dengan warna khasnya. Pantai ini merupakan tempat yang ideal untuk bersantai, mencicipi kuliner, sambil "jika beruntung" menikmati pertunjukan kesenian tradisional Belitung.

Lokasi: Kec. Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

Spot Wisata Pulau Memperak Belitung

[youtube id="f1ypUmVXWWY"/]

Tempat wisata di Belitung berikutnya yang wajib dipertimbangkan adalah Pulau Memperak. Ini adalah salah satu pulau di Kabupaten Belitung yang dikatakan sebagai surga perawan. Sama halnya dengan Pantai Nyiur Melambai, Pulau Memperak juga berada di wilayah Kecamatan Manggar, Belitung Timur.

Banyak hal yang bisa dilakukan di pulau berpasir putih dan halus ini, hanya saja tidak banyak fasilitas yang tersedia. Selain bermalas-malasan atau bermain di tepi pantai, snorkeling, diving, hingga memancing bisa dilakukan. Spot ideal untuk menikmati eksotika bawah laut berada di sisi utara, timur dan barat pulau ini.

Lokasi: Pulau Buku Limau, Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung.

Tempat Wisata Tanjung Binga Belitung

Kunjungan wisata di Pulau Belitung sudah semestinya berdurasi panjang. Lengkapi pengalaman liburan bahari Anda, setidaknya hingga tiba di Tanjung Binga yang berada di wilayah Kecamatan Sijuk. Datang ke desa wisata Tanjung Binga berarti Anda tiba di tempat penghasil ikan asin terbesar di Kabupaten Belitung.

Ikan-ikan hasil tangkapan di kampung ini, umumnya ikan Laisy, akan dipasarkan ke seluruh Belitung dan Jakarta, selebihnya ada yang olah menjadi keripik ikan khas Tanjung Binga. Datanglah agar mendapatkan pengalaman liburan yang kaya dan nikmatilah indahnya panorama laut yang berhias kapal-kapal nelayan.

Lokasi: Pantai Tanjung Binga, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Objek Wisata Pulau Kepayang Belitung

Island hopping adalah aktivitas wajib jika ingin menjelajah tempat wisata di Belitung. Banyak pulau indah di sana, salah satunya Pulau Kepayang yang merupakan pulau terbesar di antara pulau-pulau kecil di sisi utara Belitung. Dari Tanjung Kelayang, pulau ini bisa dicapai dalam waktu 10 menit menggunakan boat.

Pulau indah yang sering juga disebut Pulau Babi ini merupakan tempat penakaran penyu. Di sini, ada tempat populer yang sering disinggahi traveler, yakni Pulau Pasir yang merupakan kepanjangan Pulau Kepayang di sebelah utara. Meskipun demikian, Pulau Pasir hanya bisa Anda nikmati saat air laut surut.

Lokasi: Keciput, Kec. Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Belitung. Tentu, daftar ini tidak mencakup objek wisata yang ada di Pulau Belitung. Yang tersebut di atas hanya meliputi objek wisata yang terkenal dan populer didatangi wisatawan di Belitung yang mungkin bisa menjadi gambaran bila Anda ingin berlibur ke sana.