Beranda
Air Terjun
Destinasi Wisata
Jawa Tengah
Purbalingga
Curug Sumba Purbalingga - Fasilitas Wisata, Harga Tiket, Rute

Purbalingga merupakan destinasi yang bagus bagi traveler pecinta alam di Jawa Tengah. Dengan wilayah berupa cekungan yang diapit rangkaian pegunungan, kabupaten ini mengoleksi banyak opsi wisata alam, termasuk air terjun. Air terjun atau Curug Sumba adalah salah satu yang terindah dan terkenal di sana.

Terutama bila Anda punya rencana mendaki Gunung Slamet, mampir ke Curug Sumba bisa menjadi ide bagus. Lokasinya berada di Desa Tlahab Kidul, Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah. Sebelum berangkat ke sana, baca informasi fasilitas, daya tarik wisata, harga tiket masuk, serta rutenya dalam ulasan berikut.

Daya Tarik Curug Sumba di Purbalingga

Seperti kebanyakan objek wisata air terjun, Curug Sumba Purbalingga menyajikan eksotika pegunungan nan menenangkan dengan dominasi hijau rindang tetumbuhan. Daya tarik utama air terjun ini tentu saja curahan air yang melimpah. Dari ketinggian sekira 15 meter, airnya jatuh dalam debit yang cukup tinggi.

Meski tidak terlalu tinggi, air terjun ini menjadi tempat wisata baru di Purbalingga yang diminati berkat komposisi alamnya yang memikat. Meski berlokasi di pedesaan yang tersembunyi tidaklah menyurutkan minat wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal Purbalingga, banyak juga pengunjung dari luar daerah.

Curug Sumba adalah objek wisata yang dapat menampung ragam wisatawan. Selain ideal sebagai tempat piknik keluarga, curug ini juga menjadi destinasi traveler milenial karena banyak spot yang instagramable. Lanskap alamnya eksotik dan instagenik sehingga sangat memanjakan para penyuka fotografi dan selfie.

Menariknya, kawasannya juga mencakup semacam goa di balik air terjun dengan sebuah kolam. Intinya, akan sangat banyak spot menarik dan aktivitas bagi pengunjung. Mulai dari sekedar bersantai menikmati indahnya panorama dan menikmati suasana yang sejuk, bermain air atau berenang, hingga berselfie ria.

Karena besarnya animo wisatawan, pihak pengelola pun berinovasi dengan menambahkan sejumlah spot selfie, taman yang indah, dan banyak lagi lainnya. Bahkan, bagi wisatawan yang ingin berlama-lama bisa juga bermalam di alam terbuka. Telah tersedia camping ground bagi mereka yang suka aktivitas camping.

{next}

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Seiring dengan popularitasnya sebagai tempat wisata, fasilitas wisata Curug Sumba Purbalingga semakin lengkap dan memadai. Untuk memanjakan wisatawan, tersedia banyak spot foto instagramable, camping ground, tempat istirahat berupa gazebo. Bahkan, kini ada kolam renang untuk anak-anak di kawasannya.

Fasilitas lain mencakup toilet atau kamar mandi umum, lahan parkir kendaraan yang luas, serta tempat kuliner meski terbilang sederhana. Dan, tidak menutup kemungkinan fasilitas lainnya akan senantiasa bertambah karena Pokdarwis Tlahab Kidul sebagai pengelolanya hingga sekarang ini terus berinovasi.

Agar bisa lebih puas menikmati masa-masa liburan, usahakan berkunjung ke sini di hari biasa. Air terjun Curug Sumba merupakan salah satu tempat wisata hits di Purbalingga. Ketika hari libur tiba, pengunjung kawasan wisata ini bisa meningkat sangat pesat. Bahkan, pernah mencapai 200 persen dari hari-hari biasa.

Lalu, bagaimana dengan harga tiket masuk Curug Sumba? wisatawan yang berkunjung cukup membayar biaya masuk yang relatif murah, yakni sebesar Rp 5.000. Biaya lainnya mencakup parkir kendaraan, untuk sepeda motor Rp 2.000 dan mobil sekira Rp 5.000. Tempat ini buka mulai pukul 07.00 hingga 16.30 WIB.

Lokasi dan Rute Air Terjun Curug Sumba

Secara administratif Curug Sumba beralamat di Desa Tlahab Kidul, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah. Meskipun terletak di pedesaan, lokasi air terjunnya tidak terlalu jauh dari Kota Purbalingga. Kurang lebih 15 kilometer atau kurang dari 30 menit berkendara dari Kota Purbalingga. Lihat Peta Lokasi.