Beranda
Air Terjun
Banyumas
Destinasi Wisata
Jawa Tengah
Curug Jenggala Banyumas - Daya Tarik Wisata, Fasilitas, Harga Tiket

Sebagai kawasan wisata yang terkenal di kaki Gunung Slamet, daerah Baturaden Banyumas mengoleksi sejumlah wisata alam khas pegunungan. Air terjun termasuk wisata yang banyak tersebar di kecamatan yang sejuk dan asri ini. Curug Jenggala adalah salah satu yang populer berkat eksotika desain alamnya.

Liburan ke kawasan wisata Baturaden adalah ide yang sempurna bagi para traveler pecinta alam. Selain mendaki Gunung Slamet, Anda bisa mampir ke Curug Jenggala di Dusun Kalipagu, Ketenger, Baturaden, Banyumas Jawa Tengah. Ketahui info fasilitas wisata, harga tiket masuk, dan rutenya dalam ulasan berikut.

Daya Tarik Curug Jenggala Baturaden

Curug Jenggala merupakan tempat wisata alam berupa air terjun dengan ketinggian 30 meter. Meski tak terlalu tinggi, tebingnya melebar dengan tiga air terjun yang tingginya sejajar. Debitnya cenderung lebih besar air terjun di bagian tengah. Sangat cantik dengan kolam dan sungai berhiaskan bebatuan besar.

Kesan alami begitu kentara dalam balutan hijau rindang tetumbuhan yang mendominasi panoramanya. Karena berada di kaki Gunung Slamet, udaranya sejuk dengan suasana yang menenangkan. Intinya, Air Terjun atau Curug Jenggala merupakan tempat yang sempurna untuk sejenak menjauh dari keramaian.

Dalam sejarah, air terjun ini awalnya bernama Curug Tempuan karena tempat ini merupakan pertemuan sejumlah sungai. Nama itu diubah dalam musyawarah warga dan petinggi desa. Adapun nama Jenggala diambil dari nama sosok juru kunci hutan, bapak Jenggala. Jenggala sendiri bisa berarti Ksatria Piningit.

Curug Jenggala Baturraden lokasinya terletak di antara 2 bukit. Air Terjun ini menjadi tempat pertemuan Sungai Banjaran dan Sungai Mertelu yang bergabung menjadi satu. Dan di bagian tengahnya terdapat situs bernama "Batur Semendeh". Berkat keindahannya, curug ini menjadi tempat wisata yang diminati.

Lanskapnya demikian eksotik dan instagenik. Terutama seiring dengan popularitasnya, saat ini telah ada penambahan beberapa spot foto. Salah satu spot paling instagramable dan ikonik mewakili air terjun ini adalah selfie deck dengan desain love. Terkesan romantis apalagi menghadap langsung ke air terjunnya.

Spot lain yang juga menarik adalah jembatan sebagai akses mendekati air terjun. Selain itu, masih banyak sudut air terjun yang menarik diabadikan, mulai dari ketika trekking hingga tiba di lokasi curug. Trekking jalan kaki merupakan aktivitas yang tidak bisa dihindari sebab jaraknya dari desa terdekat lumayan jauh.

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Curug Jenggala Baturaden Banyumas adalah tempat wisata alam yang terawat baik. Setidaknya sejak di pos tiket, areanya tertata dengan bagus. Fasilitasnya terbilang lengkap, mulai dari tempat sampah, toilet, gazebo dan mushola. Di sekitar kawasan ini juga terdapat Taman Nagasari serta Sendang Candrakirana.

Fasilitas lainnya meliputi akses jalan menuju air terjun yang tertata dengan baik, beberapa spot foto selfie, lahan parkir kendaraan, serta kios-kios makanan dan minuman. Harga tiket masuk Curug Jenggala untuk saat ini sebesar IDR 10.000. Objek wisata ini buka tiap hari, biasanya mulai pukul 07.00 hingga 15.30 WIB.

Rute Lokasi Curug Jenggala Banyumas

Secara administratif wisata Curug Jenggala berada di Jl. Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas jawa Tengah. Jaraknya sekitar 16 kilometer atau 40 menit perjalanan berkendara dari Purwokerto. Rutenya mudah melalui Jalan Raya Baturaden. Lihat Peta Lokasi.