Beranda
Destinasi Wisata
Lampung
Pantai
Pulau
Tanggamus
Teluk Kiluan Lampung - Daya Tarik, Fasilitas, Harga Tiket, Rute

Bagi traveler pecinta wisata bahari, Lampung merupakan destinasi terbaik yang kaya pulau dan pantai. Pulau Pahawang terkenal dengan eksotika bawah lautnya. Pantai Tanjung Setia popularitasnya juga mendunia. Tak hanya itu, di Lampung juga terdapat Desa Wisata Teluk Kiluan yang pastinya tidak kalah mempesona.

Memilih liburan ke Lampung bisa menjadi ide yang bagus. Jelajah pantainya yang menawan atau island hopping ke pulau-pulau sekitarnya. Dan Teluk Kiluan merupakan destinasi wisata yang telah mencakup semua itu. Lokasinya di Kabupaten Tanggamus. Tuntaskan membaca agar mengetahui info lengkap terkait teluk ini.

Daya Tarik Wisata Teluk Kiluan Lampung

Desa Kiluan Negeri yang kini sudah berstatus Desa Wisata Teluk Kiluan adalah desa pesisir nan menakjubkan. Menyajikan pesona pantai yang menawan, termasuk di perairannya yang terkenal sebagai habitat lumba-lumba. Di sini, wisatawan juga bisa eksplorasi Pulau Kelapa, Laguna Gayau, Talang Mulian dan banyak lagi.

Meski baru di tahun 2020 resmi menjadi desa wisata, desa di pesisir Pantai Teluk Kiluan ini telah dikembangkan sebagai destinasi wisata sejak tahun 2005. Nama Kiluan dalam bahasa Lampung berarti permintaan. Konon nama ini terkait sejarah permintaan atau wasiat Raden Mas Arya agar ia dimakamkan di suatu pulau.

Wasiat tersebut ia sampaikan pada lawannya, seorang pesilat Kotaagung setelah mendapat ilham bahwa kematiannya telah dekat. Raden Mas Arya singkatnya terbunuh. Sesuai wasiat, ia dimakamkan di pulau di sebuah teluk yang kini bernama Teluk Kiluan. Konon, tumpukan bebatuan di pulau tersebut adalah makamnya.

Terlepas dari sejarah atau asal-usul namanya, yang pasti panorama bahari di teluk ini begitu molek. Hamparan pasir pantai di Teluk Kiluan putih dan bersih serta landai dengan bentang lautan biru nan luas. Juga, menyimpan ragam kekayaan hayati di dalam perairannya. Intinya desa wisata ini indah di luar maupun di dalam

Di antara sekian daya tarik alam Pantai Teluk Kiluan Tanggamus, atraksi ikan lumba-lumba menjadi yang paling istimewa. Ada dua jenis lumba-lumba yang hidup di perairannya, yakni lumba-lumba hidung botol serta lumba-lumba paruh panjang. Populasi lumba-lumba di teluk ini jumlahnya mencapai ratusan hingga ribuan

Selain itu, wisatawan juga bisa jelajahi pantai, trekking ke Laguna Gayau. Lokasinya terletak di balik bukit, perlu melalui pantai yang penuh sebaran bebatuan besar. Laguna ini demikian indah dan jernih dengan warna biru kehijauan berkedalaman 1-3 meter. Aktivitas menarik di sini adalah berenang atau sekedar berendam.

Teluk ini juga merupakan surga untuk pecinta snorkeling diving. Wisatawan bisa snorkeling di pantai maupun di Pulau Kelapa atau Pulau Kiluan. Oleh karenanya, island hopping wajib dilakukan. Bila suka memancing, desa wisata ini juga menyajikan banyak spot terbaik untuk memancing. Camping di pantai juga menarik.

[youtube id="f7QNeVUyafo"/]

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Fasilitas wisata di Kiluan Negeri tersedia, tapi listrik masih sangat terbatas karena memakai genset. Umumnya, penerangan hidup sebatas pukul 6 sore hingga tengah malam. Air bersih juga terbatas, namun sudah tersedia fasilitas toilet atau kamar mandi di tempat wisatanya. Ada juga tempat ibadah berupa masjid disana

Fasilitas wisata lain meliputi transportasi laut untuk island hopping atau jelajah perairannya. Apabila membutuhkan tempat menginap, ada sejumlah penginapan rumah kayu di kawasan Teluk Kiluan Lampung. Bila ingin bermalam di area terbuka, bisa mendirikan tenda camping, namun perlu membawa perlengkapan sendiri.

Lalu, bagaimana dengan harga tiket masuk di Teluk Kiluan Lampung? biaya masuk sebesar IDR 5K per orang. Biaya tiket tersebut sama besarannya dengan tiket Laguna Gayau. Tapi, ke laguna perlu menyeberang berperahu atau jukung dengan biaya IDR 20K. Dan, biaya lihat lumba-lumba sekira IDR 250K-450K per kapal.

Lokasi dan Rute Teluk Kiluan Tanggamus

Desa Kiluan Negeri beralamat di Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Kira-kira 13 kilometer jaraknya jika Anda ingin menjadikannya satu paket wisata dengan Pantai Gigi Hiu. Atau, kurang lebih 80 kilometer dari Bandar Lampung. Butuh durasi berkendara sekitar 3 jam untuk mencapainya.

Cara ke Teluk Kiluan di Tanggamus dari pusat Kota Bandar Lampung bisa pakai rute melalui Jl. Morotai ke Jl. Laksamana RE Martadinata. Lanjut ke Jl. Raya Way Ratay ke Jl. Pematang dan Jl. Dirt Road hingga tiba di Kiluan Negeri. Bisa juga melalui rute Padang Cermin hingga persimpangan Pangkalan TNI Angkatan Laut.

Di persimpangan tersebut pilih jalur kiri untuk menuju ke Desa Punduh Pidada. Temukanlah di desa tersebut petunjuk ke Teluk Kiluan dan ikuti sampai di persimpangan di sekitar Pasar Bawang. Belok kanan, terus ke persimpangan terakhir. Belok ke kiri di persimpangan itu dan akan terlihat gerbang Teluk Kiluan. Lihat Peta.