Beranda
Badung
Bali
Destinasi Wisata
Pantai
Pantai Kelan (K-Land) Tuban Bali - Daya Tarik, Fasilitas, Lokasi

Sebagai daerah pusat perhatian wisatawan di Bali, Kuta memiliki sejumlah ruas pantai indah yang menjadi daya tarik utamanya. Tak hanya Pantai Kuta dan Pantai Legian, eksotika pesisir Kuta juga meliputi Pantai Kelan di daerah Tuban. Pantai ini terkenal sebagai salah satu spot sunset yang ikonik di selatan Pulau Bali.

Terutama bagi traveler yang kurang suka hiruk pikuk wisatawan, bisa melebar ke Tuban di sisi timur Kuta yang lebih tenang. Temukan Pantai Tuban atau yang lebih terkenal dengan nama Pantai Kelan. Lokasinya dekat Bandara Ngurah Rai, di daerah Kelan, Tuban, Kuta, Bali. Baca informasi lebih lengkapnya berikut ini.

Daya Tarik Wisata Pantai Kelan di Tuban

Pantai Kelan atau Kelan Beach yang saat ini juga populer dengan nama K-Land Beach merupakan pantai indah di pesisir Teluk Jimbaran. Letaknya yang berbatasan persis dengan Bandara Ngurah Rai menyajikan daya tarik tersendiri karena pemandangan pantainya diwarnai dengan take-off dan landing-nya pesawat.

Terlebih ketika senja datang seiring matahari perlahan terbenam, panorama sunset di Kelan Beach begitu ikonik dengan aktivitas pesawat berlatar indahnya proses matahari pulang ke peraduan. Demikian sedap di pandang mata, sehingga pantai ini menjadi salah satu tempat menikmati sunset terindah di Pulau Bali.

Terlepas dari eksotika sunset, Pantai Kelan Bali senantiasa menawan sepanjang waktu. Pasirnya yang putih benderang cenderung lebih bersih terhampar luas, landai, dan panjang. Karena berlokasi di kawasan Teluk Jimbaran, Pantai K-Land berada di garis yang sama dengan Pantai Kedonganan dan Pantai Jimbaran Bali.

Perairan lautnya yang jernih pun menakjubkan, khas dengan gradasi warna biru membentang luas seolah tanpa ujung. Plus, berhiaskan jajaran perahu nelayan Bali yang berlabuh di sisi selatannya. Ombaknya tak terlalu besar sehingga memungkinkan wisatawan lebih aman melakukan aktivitas di perairan dangkalnya.

Cocok untuk liburan keluarga yang melibatkan anak-anak karena mereka bisa bermain air dan berenang dengan leluasa. Pasirnya yang bersih pun memberi kesempatan bagi siapapun untuk melakukan banyak hal yang menyenangkan. Bermain pasir atau sekedar bersantai menikmati suasana dan pemandangannya.

Jalan-jalan menyusuri pesisir Pantai Kelan Tuban juga merupakan ide yang bagus agar bisa mendapatkan lanskap keindahan dari sudut yang berbeda. Menariknya, ini adalah salah satu pantai yang menawarkan kegiatan naik unta di Bali. Pastinya ada sensasi tersendiri bila menjelajah dengan menaiki hewan tersebut.

Apabila tertarik, kegiatan naik unta di Pantai Kelan Bali biasanya mulai tersedia pukul 09.00 hingga 16.00. Dalam hal ini pengunjung bisa menikmati pengalaman naik unta dengan memilih durasi 15 menit atau 30 menit. Harga naik unta kurang lebih IDR 150.000 untuk dewasa atau sekitar IDR 125.000 untuk anak-anak.

[youtube id="sL-k8MZyA30?start=66"/]

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Berlokasi di kawasan pusat keramaian pariwisata Bali, berbagai fasilitas wisata mudah ditemukan di sekitar pantai ini. Banyak tersedia warung atau tempat kuliner maupun kafe di sepanjang pesisir Teluk Jimbaran. Bahkan, di sinilah tempat terbaik menikmati seafood dengan harga lebih murah dari Pantai Jimbaran Bali.

Kafe di kawasan Kelan Beach Bali umumnya juga menyediakan toilet atau ruang ganti pakaian. Area parkir pun luas. Dan bila membutuhkan tempat menginap, mudah menemukan berbagai jenis penginapan, villa, hotel di sekitarnya. Harga tiket masuk Pantai Kelan gratis, biaya hanya untuk parkir sekira IDR 2.000-5.000.

Lokasi dan Rute Pantai Kelan Tuban Bali

Pantai Kelan berada di Kelan yang merupakan bagian dari Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Provinsi Bali. Letaknya strategis dan mudah ditemukan karena berada persis di selatan Bandara Ngurai Rai, dekat Pasar Ikan Kedonganan. Untuk transportasi umum, bisa gunakan ojek online. Atau, manfaatkanlah Peta Lokasi.