Beranda
Bangka
Bangka Belitung
Destinasi Wisata
Pantai
Pantai Parai Tenggiri Bangka - Daya Tarik, Fasilitas, Harga Tiket, Rute

Bangka Belitung adalah salah satu surga wisata bahari Indonesia yang wajib dikunjungi. Di Pulau Bangka maupun Pulau Belitung, tersebar pantai dan perairan yang indah. Bila di Belitung ada Tanjung Kelayang, di Pulau Bangka Anda bisa jelajahi pantai di Sungailiat. Pantai Parai Tenggiri termasuk yang populer di sana.

Punya rencana liburan ke Sungailiat Bangka? Selain berkunjung Pantai Tikus, pastikan juga ke Pantai Parai Tenggiri. Lokasinya berada di Desa Sinar Baru, Kec. Sungailiat, Kabupaten Bangka, Bangka Belitung. Untuk memperkaya informasi, baca ulasan perihal daya tarik, rute, fasilitas, harga tiket pantai tersebut berikut ini.

Daya Tarik Pantai Parai Tenggiri Bangka

Pantai Parai Tenggiri adalah pantai indah dengan hamparan pasir putih bersih yang landai dan panjang. Seperti halnya di Tanjung Tinggi Belitung, lanskap pantai ini berhias berbagai bentuk dan ukuran batu granit alami. Bebatuan tersebut tersebar acak di beberapa sudut perairan lautnya yang berombak tenang.

Pemandangan bahari di Parai Tenggiri sangatlah memikat, terlihat alami dengan suasana yang damai dan menenangkan. Bentang laut jernih nampak berwarna tosca, sementara di pesisirnya barisan pohon kelapa menawarkan nuansa alam teduh. Memungkinkan siapapun betah menikmati apa yang tersaji di areanya.

Kondisi pantai juga bersih dan terjaga karena merupakan bagian dari kawasan wisata hijau, Parai Green Resort. Jadi, pengunjung benar-benar dimanjakan selama masa liburan karena selain indah, kawasannya pun tertata dengan sangat baik. Selain itu berbagai aktivitas wisata menarik pun bisa dilakukan di areanya.

Wisatawan bisa menjelajahi perairan dengan berperahu maupun mencoba keseruan wahana watersport. Banana boat adalah opsi favorit dalam hal ini. Bagi penyuka snorkeling dan diving, Pantai Parai Tenggiri menawarkan keindahan terumbu karang di bawah perairan laut yang berbatasan dengan laut cina selatan.

Karena ombak pantai ini cenderung tenang, bermain air atau berenang menjadi kegiatan wajib dilakukan. Bisa juga bermain pasir atau sekedar bersantai menikmati pantai. Berkunjung ke Pantai Parai Tenggiri di Bangka, jangan lupa melebar menyusuri pesisir pantainya karena banyak sekali spot yang mengagumkan.

Pantai Parai Tenggiri memiliki lanskap bahari yang unik dan khas. Kekhasan tersebut bisa terlihat melalui jembatan penghubung ke Rock Island. Di sisi kanan, pantainya berpasir putih tapi sepi dari bebatuan. Dan di sudut kirinya, terkesan eksotis dengan pasir dan ratusan bebatuan dengan warna laut yang lebih gelap.

Bagi pecinta fotografi dan selfie, pantai di sudut kiri lebih cocok karena banyak spot foto instagenik. Pun demikian dengan Rock Island, panorama di balik pulau tersebut begitu menakjubkan karena lanskapnya didominasi formasi batuan yang jauh lebih besar. Namun, butuh sedikit trekking untuk mengunjunginya.

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Karena menjadi bagian dari kawasan Parai Beach Resort, fasilitas wisata di pantainya terbatas yang telah disediakan pihak resor tersebut. Untuk menunjang aktivitas wisatawan, ada wahana air atau watersport seperti banana boat, jetski, dan parasailing. Serta, opsi perahu untuk menjelajahi perairan di sekitarnya.

Dan karena ini adalah sebuah resor, tentu telah tersedia fasilitas tempat menginap. Jika ingin bermalam di sekitar pantai, ada penginapan berupa hotel dan vila. Fitur resor juga mencakup kolam renang, spa, dll. Untuk harga tiket masuk Pantai Parai Tenggiri Bangka, wisatawan perlu bayar retribusi sebesar IDR 25.000.

Lokasi dan Rute ke Pantai Parai Tenggiri

Parai Beach Resort secara administratif berlokasi di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Kurang lebih 50 kilometer atau 1 jam berkendara, dari Pelabuhan Pangkal Balam maupun dari Bandara Depati Amir. Rutenya mudah, tinggal menggunakan Peta Lokasi.

Anda bisa menyewa kendaraan di sekitar bandara maupun di pusat kota Pangkal Pinang. Alternatif lain, bisa juga naik transportasi umum. Dari Pangkal Pinang naik angkot jurusan Sungai Liat. Lalu, lanjutkan perjalanan dengan menggunakan becak motor untuk menuju ke kawasan Pantai Parai Tenggiri Bangka.